cover
Contact Name
Sumaningsih
Contact Email
educasiajournal@gmail.com
Phone
+62541-700 2222
Journal Mail Official
educasiajournal@gmail.com
Editorial Address
http://www.educasia.or.id/index.php/educasia/about/editorialTeam
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
EDUCASIA : Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
ISSN : 25029150     EISSN : 25275011     DOI : http://dx.doi.org/10.21462/educasia
Core Subject : Education,
EDUCASIA, e-ISSN 2527-5011 dan p-ISSN: 2502-9150 adalah Jurnal yang menerbitkan tulisan baik artikel hasil penelitian maupun artikel kajian kepustakaan bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Educasia, 3(1), 2018" : 2 Documents clear
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbasis Achievement Grouping (CLAG) Saugi, Wildan
EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Educasia, 3(1), 2018
Publisher : Pusat Pelatihan, Riset, dan Pembelajaran Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan model Cooperative Learning Berbasis Achievement Grouping (CLAG) yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Permasalahan penelitian ini adalah keaktifan siswa yang tinggi akademiknya menutupi keaktifan siswa yang kurang secara akademik dan hasil belajar siswa yang rendah yakni hanya 24% nilai ketuntasan ujian nasional mata pelajaran matematika. Pembelajaran model CLAG diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran secara maksimal berdasarkan kemampuannya masing-masing. Ali Imran (1995) dalam Rahayu (2011) menjelaskan bahwa grouping adalah pengelompokkan peserta didik berdasarkan karakteristik-karakteristiknya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang berlangsung selama tiga siklus dengan subjek penelitian sejumlah 29 siswa VI SD Islam Terpadu As-Salaam Fakfak. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model CLAG mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa dengan peningkatan keaktifan siswa sebesar 78% dan hasil belajar siswa sebesar 75%. Langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut: (1) Pembelajaran model CLAG harus dipahami jelas oleh siswa secara lisan maupun tertulis; (2) Klasifikasi kelompok berdasarkan kemampuan siswa dan pertukaran anggota kelompok; (3) Pendampingan siswa yang kesulitan belajar secara tuntas; (4) Penyederhanaan makna latihan soal; (5) Analisis butir soal tryout.
Penghapusan Diskriminasi Bagi Perempuan Perspektif Pendidikan Islam Hidayati, Diajeng Laily; Mufti, Nur Illiyyin Setya
EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Educasia, 3(1), 2018
Publisher : Pusat Pelatihan, Riset, dan Pembelajaran Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kekerasan perempuan adalah salah satu topik yang masih hangat kerap dibicarakan dikalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena hampir seluruh pola pikir manusia masih berkutat pada perbedaan hak antar kaum laki-laki dan perempuan. Pola pikir ini kerap kali membuat pembagian kekuasaan yang timpang antara kaum laki-laki dibandingkan perempuan. Kenyataan ini kemudian menciptakan sebuah kondisi sosial yang tidak ideal dimana kekuasaan digunakan secara berlebihan oleh pihak laki-laki dalam memenuhi hak dari perempuan. Periaku inilah yang kemudian mendorong munculnya diskriminasi terhadap peremupuan yang menyebabkan merosotnya kemajuan perempuan. Opressi yang diterima perempuan selalu muncul baik dalam level mikro, mezzo, ataupun makro. Dalam lingkup structural, kultur hingga individu perilaku opressi kerap diterima perempuan terutama ketika mereka ingin bergerak di ranah publik. Skeptis lemah terhadap perempuan kerap kali dilabelkan dengan dali-dalil keagamaan yang mengingatkan tentang tugas utama perempuan dalam wilayah domestik. Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan tentang solusi pendidikan islam dalam melenyapkan kekerasan terhadap perempuan. Selain itu, artikel ini membahas bahwa kekerasan yang besifat gender adalah setiap kekerasan atau penderitaan perempuan dalam segi fisik maupun psikologis, termasuk seluruh ancaman-ancaman, perampasan maupun pemaksaan. Disisi lain, Islam sebagai agama Rahmatan Lill Alamin telah memberikan solusi terbaik atas pemenuhan kewajiban dan hak laki-laki dan perempuan. Beberapa kebijakan dalam Pendidikan Islam yang berkaitan dengan cerai, waris dan kewajiban menggunakan jilbab memiliki penafsiran yang luas sehingga tidak dapat serta merata dikatakan sebagai bentuk oppresi atau diskriminasi terhadap perempuan dalam Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 2